Portofolio 2012

Performance vs IHSG

performance

di kuartal ke-4 2012 ini kinerja portofolio bergerak hampir seiringan dengan IHSG dan di penghujung kuartal ini, kinerja portofolio mengalahkan IHSG di mana pada kuartal ini portofolio penulis tumbuh sekitar 4.4%.

Strategi investasi yg dilakukan adalah cukup sederhana, yaitu berinvestasi pada perusahaan yg tingkat profitabilitasnya tinggi, prospeknya cerah, dan masih dihargai murah oleh pasar. Penulis tidak aktif melakukan jual-beli harian, maka komposisi portofolio penulis dari awal tahun hingga akhir tahun hanya mengalami sedikit perubahan.

Pembanding dg IHSG dilakukan hanya untuk sebagai acuan penulis agar mendapat ‘feedback’ apakah strategi investasi yg dilakukan telah benar, atau perlu dikoreksi. Tidak ada maksud untuk meninggikan ataupun merendahkan pihak lain. Di awal karier dalam berinvestasi ini, penulis hanya membandingkan dg tingkat hasil yg ditawarkan deposito (7% setahun) di mana setelah kuartal ke-3 menurut penulis target tersebut terlalu rendah (di mana total pertumbuhan portofolio penulis kuartal-2 dan kuartal-3 mencapai 10%). Selain itu deposito tidak berfluktuasi shg kurang tepat dijadikan acuan kinerja.

Komposisi portofolio di akhir tahun 2012 ini adalah sbb:composition

Dari hasil 1 kuartal ini terlihat bahwa hasil stock picking penulis masih belum akurat atau mungkin belum tepat waktu. Namun karena fokus penulis sebagai investor jangka panjang, penulis menganggap kerugian yg dialami kebanyakan saham hanya bersifat sementara. Sementara ini penulis cukup puas dengan metoda diversifikasi dg komposisi terbesar adalah pada BBRI dan CPIN. Untuk saham BBRI sendiri sebenarnya sebelumnya penulis memiliki komposisi hingga 60% di modal 7000 dan menjualnya di rerata 7700. Penulis masuk kembali dgn komposisi lebih kecil saat ini, namun tetap optimis dengan pertumbuhan BBRI kedepannya.

Penulis belum menemukan metoda pencatatan yg tepat untuk saham yg telah terjual (kemudian dibeli kembali), bagaimana akibatnya terhadap portofolio. Jika pembaca memiliki metoda yg lebih baik, mohon di share kepada penulis. Trims!

3 thoughts on “Portofolio 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s