Investment Progress 2013.12

Akhirnya tahun 2013 sudah berlalu. Walau telat, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada semua pengunjung blog ini. Saya sibuk sekali karena ingin pindah kota, dan sekaligus merintis usaha baru di kota tujuan nanti, maka waktu dan energi saya sangat terbatas untuk mengupdate blog ini.

Laporan kinerja investasi redbox-fund 2013 ditutupi dengan angka negatif. -5.55% YTD (suatu kenyataan pahit namun tetap harus diterima dengan lapang dada haha)

progress

Porsi portofolio dan komponennya tidak berubah signifikan dengan sebelumnya. Dan belakangan ini tidak ada penambahan dana berhubung situasi ekonomi riil juga tidak mendukung untuk menghasilkan income surplus untuk investasi.

Pandangan mengenai 2014, menurut saya situasi turunnya harga saham (capital outflow) berakar dari 1 hal saja namun berantai ke hal lain. Defisit neraca Indonesia, dengan komposisi ketergantungan impor yg tidak bisa diselesaikan hanya dengan jatuhnya nilai rupiah. Impor migas, tidak akan berhenti karena harga di konsumen disubsidi. Kebijakan menaikan harga migas sangat lambat karena situasi politik juga sedang panas menyambut pesta PEMILU. Kondisi yang tidak dapat diperbaiki cepat ini menurut saya mendorong capital outflow (walau memang ada faktor eksternal dari FED dkk) yang mengakibatkan rupiah melemah, berikutnya naiknya suku bunga. Karena bunga tinggi begitu menarik, imbal hasil di saham harus mengimbangi pula, akibatnya jatuhlah harga saham.

Bagi para sesama investor yang mungkin gelisah, saya menawarkan sudut pandang berbeda, semoga bisa sedikit menghibur.

Harga barang banyak naik, namun harga perusahaan malah turun. Padahal yang menghasilkan barang kan perusahaan-perusahaan itu. Ini situasi sangat ironis. Dalam analogi sederhana, harga ikan naik, tapi harga pancing turun. Atau lebih detilnya, harga pancing, harga umpan, harga kapal, semuaaaaaa naik. tapi beli satu paket harganya turun.

Berpikir begini, saya tidak pernah satu haripun cemas harga saham saya turun. Sebaliknya saya menyayangkan tidak bisa berpartisipasi lebih pada kesempatan kali ini karena sedang bersiap untuk pindah dari kota asap ini. Wish me luck yah

 

Leave a Reply

