Value Stock – SSIA

surya-semesta-internusa

SSIA (Surya Semesta Internusa) saat ini hanya diperdagangkan dengan PER di bawah 5x. Melihat tingkat profitabilitas SSIA, saham perusahaan ini merupakan pilihan yang sangat menarik untuk investasi jangka panjang.

Ada beberapa hal yang mungkin menakuti sebagian investor sehingga menjual sahamnya saat ini. Misalnya kurs rupiah yang anjlok, bunga bank yang tinggi, dan kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat.

Jika dilihat secara jangka pendek (1 tahunan), kemungkinan besar memang bisnis SSIA akan melambat. Salah satunya adalah penjualan tanah di Kerawang untuk lahan industri kemungkinan tidak begitu laku di tahun ini. Sebab para investor asing yang ingin membangun pabrik harus menghitung ulang anggaran biaya mereka semula. Pada sektor konstruksinya, UMP yang naik dan kemungkinan kontrak di tangan SSIA (tepatnya dipegang oleh anak usahanya NRCA) harganya sudah mengikat sebelum terjadi inflasi gila-gilaan di Indonesia. Sementara sisanya seperti perhotelan menurut saya masih cukup aman.

Melalui proyeksi laba beberapa kuartal ke depan mungkin memang demikian adanya. Laba SSIA sangat berpeluang tergerus. Namun mari kita melihat dari sisi pelaku usaha, seolah kita yang membuat keputusan dalam perusahaan SSIA, bukan sekedar membeli dan menjual saham.

  1. Konsep bisnis SSIA masih solid (Property, Konstruksi, Perhotelan). Setelah cukup waktu, semua akan kembali normal. Indonesia tetap masih akan tumbuh dan terus tumbuh. Dan jika dilihat ke belakang SSIA bukan baru pertama ini mengalami krisis.
  2. Harga tanah SSIA yang tercatat di buku adalah harga waktu beli. Jadi setelah bertahun-tahun, nilai tanah itu sesungguhnya sudah jauuuuh di atas itu. Memang akan ada kesulitan menjual dalam waktu dekat ini, namun harga tanah justru akan terus naik. Tidak ada bedanya bukan, jika asset yang kita simpan nilainya naik, ujung-ujungnya untung juga. Tambahan, patokan harga tanah menggunakan mata uang dollar.
  3. UMP yang tinggi, Inflasi yang tinggi berlaku sistemik, artinya semua perusahaan kena, baik SSIA maupun kompetitornya. Jadi hanya masalah waktu agar para pelaku beramai-ramai meng-adjust harga dan mengakibatkan inflasi lagi dan lagi.. Tidak ada kompetisi di sini, ujung-ujungnya memang konsumen lah yang harus menanggung.
  4. Tahukah Anda apa itu “capital”? Singkatnya, capital adalah modal untuk melakukan aktifitas produksi. Capital bukan sekedar modal dalam bentuk uang. Capital bisa dalam bentuk macam2. Bisa uang, bisa mesin, bisa bahan baku, bisa SDM, goodwill, dll… Ketika inflasi terjadi, jika diukur dengan uang, semua capital juga nilainya naik (kecuali capital yang memang sudah dalam bentuk uang). Kenaikan nilai capital ini tidak tercatat di buku.

Dari semua point di atas, dan dihadapkan dengan harga saham yang menurun, saham ini memberi peluang entry point yang sangat baik bagi investor yang “beruntung” memulai investasi di saat-saat sekarang.

Disclaimer: seperti biasa, semua resiko adalah tanggung jawab pembaca.

One thought on “Value Stock – SSIA

  1. kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulu pekerjaannya cuma tukan smir sepatu pendapatan setiap hari tidak seberapa anak empat istri suda satu tahun menderita kesakitan biaya pengobatan tidak mampu kebetulan saya buka internet saya dapat nomornya KI JAGAD kami lansung hubungi minta bantuan nomor ghoip hasil retual KI JAGAD 4d nya,yaitu .{5974}.benar2 jitu 100% keluarga kami sangat bersukur berkat bantuan angka ghoip hasil retual KI JAGAD sekali lagi terima kasih banyak KI JAGAD SAMUDRO keluarga kami, berhutan budi sama AKI bagi teman teman yang kesulitan ekonomi hubungi lansung KI JAGAD SAMUDRO di nomor ; 0853_2888_0168 AKI akan memberikan angka ghoip 100% tembus ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s