Pasar (Tidak) Selalu Benar

Ada pepatah yang mengatakan “Market is always right”. Di satu waktu pepatah ini pernah memberikan kegalauan bagi saya, apalagi ketika harga lagi anjlok gila-gilaan. Jika market benar, berarti portofolio saya yang anjlok adalah akibat kesalahan saya. Dan sebagai sumber kesalahan, of course jadi galau.

Tujuan saya mengambil suatu kesimpulan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan berikutnya yang akhirnya menghasilkan profit yang lebih besar (ya… ujung2nya cuan). So dalam membahas pepatah ini, kita harus menimbang dampaknya ke profit kita.

Jadi kalau market selalu benar, ketika porto turun, berarti saya salah, dan sudah lumrah saya harus secepatnya memperbaiki. Itu jika market selalu benar, kalau market salah bagaimana? Saya rasa sering dialami investor/trader, dimana ketika ia menyerah pada market, mengakui dirinya salah trus cut loss, eh tau2 harga bergerak naik kembali. Di sisi lain ketika teguh pada pendirian, ga mo cut loss, ternyata harga bergerak turun terus. Bagaimana ini…….

Jika saya tidak tau siapa yg salah (saya atau market), bagaimana saya tau saya sudah pada jalur yg benar? Harus ada jawaban untuk ini agar dapat melangkah maju. Tanpa tau mana yang benar dan yang salah, kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan dan akan mengelana tanpa arah di dunia ini. Tanpa ada jawaban atas masalah ini menurut saya trader/investor akan mentok dalam pembelajarannya dan hanya bingung buang2 waktu. Bahkan mungkin akan menyerah dan akhirnya out from the game.

Benar-salah itu subjektif. Tapi memiliki jawaban akan memberi kekuatan dalam hidup dan bertindak. Ada orang yang dengan cepat akan take loss dan punya energi baru untuk melakukan lembaran baru (new trade) sebaliknya ada orang yang yakin market sering ngawur, so ini adalah golden chance utk membeli di harga murah. Semua ini subjektif, tetapi sekali lagi, punya pendirian akan memberi energi/kekuatan dalam menghadapi masalah2 yg ada. So take your choice.

My choice? It’s secret😉

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

