Pentingnya Mengamati Perkembangan Emiten

Ternyata kali ini saya kecolongan di INDS karena dividen yang dibagi ternyata “ditunda” dan akan dibahas ke RUPS-LB nanti. Sebenarnya kecolongan kali ini bisa dielakan jika saya setiap hari membaca pengumuman di idx seperti yang dulu saya lakukan. Setelah lewat hari-H dan membaca melalui twitter rekan investor, baru deh saya menyadari ternyata pembagian dividen kali ini sudah batal.

Ada beberapa alasan kecolongan saya, yang pertama adalah koneksi internet yang lambat,  kedua adalah saya berpatokan pada informasi di platform broker (IPOT) yang UI (User Interface) nya jauuuuuh lebih baik dari pada website IDX. Sadly, sayangnya informasi di broker itu tidak valid karena dividen INDS di sana masih dikatakan “final”.

Saya sudah merasa “something fishy” ketika Right Issue dan pembagian Dividen dalam jumlah besar dilakukan berbarengan. Agak aneh… Sangat menyesal sudah mencium something fishy tapi tidak pantau perkembangan di pengumuman IDX. 

Pelajaran kali ini, meski UI broker lebih menarik, sebaiknya tetap to the root yaitu di website idx. Soal solusi koneksi internet, sepertinya out of luck karena di sini saya sudah coba berbagai ISP yang harganya terjangkau. Dari speedy, indosat, three, xl, smartfren… semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. tidak ada yg perfect. 

Dividen yang dibagikan nilainya cukup besar dan berbarengan dengan right issue. Jadi rule of the game berubah ketika dividen tadi diundur, dan pengaturan portofolio saya jadi berantakan. Jumlah dividen yang dijanjikan masih sama, tetapi karena ada right issue, nantinya dividen itu harus dibagi ke jumlah lembar yang lebih banyak. Selain itu otomatis dana investasi menjadi “agak” ter-lock di INDS hingga pembagian dividen nanti. 

One thought on “Pentingnya Mengamati Perkembangan Emiten

Leave a Reply

