Real Interest Rate

Ketika kita menabung, kita mendapat suku bunga nominal 2%, atau deposito 5%, atau katakanlah membeli SUN (Surat Hutang Negara) 7% (belum termasuk pajak). Secara nominal, kekayaan kita akan bertambah sesuai dg bunga yg ditawarkan, namun sbg investor yang cerdas kita harus menghitung berapa dampak dari bunga tersebut ke daya beli (purchasing power) uang kita.

Karena daya beli uang kita terus digerogoti oleh inflasi, maka bunga yg sebenarnya kita terima harus dikurangi dengan angka inflasi. Data inflasi Indonesia dapat di lihat disini. 

Ambil contoh misalnya tabungan, dengan bunga 2%, kurangi pajak 20% dari bunga, maka tinggal 1,6%. Jika dibanding dgn data inflasi terakhir 5,57%, maka bunga yg sebenarnya diterima adalah 1,6% – 5,57% = -3.97%

Dari contoh di atas, diketahu bahwa menabung di tabungan, “sebenarnya” tidak memberi kemajuan pada kekayaan kita. Malah yang ada uang kita terus tergerus sekitar 3-4% setiap tahunnya karena bunga yang ditawarkan tidak mengalahkan inflasi.

Hal yang sama berlaku untuk deposito. Sementara SUN 7% dg pajak 10%, maka net nominal 6,3% sedikit mengalahkan inflasi (yaitu 0,73%). Sangat sayang kenyataan orang menaruh uangnya di tempat uangnya tergerus inflasi. Sebagai orang yang memiliki rencana finansial yang matang, kita harus mencari tempat menabung / menaruh uang hasil kerja keras kita di tempat yang menawarkan pertumbuhan melebihi inflasi, misalnya: saham, tanah, SUN.

Rumus Real Interest Rate yg lebih akurat dapat dihitung dengan persamaan Fisher dimana nilainya akan lebih kecil lagi jika dihitung dengan formula sederhana pengurangan di atas. Persamaan fisher tidak dibahas kali ini, bagi yang berminat silahkan google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s