Bersahabat dengan Inflasi

Beberapa tahun yang lalu, dalam usaha saya yaitu retailing, saya merasakan penjualan yang menurun akibat kenaikan harga atau dikenal dengan istilah kerennya inflasi yang agak tinggi. Dalam satu kesempatan saya mengeluhkan hal tersebut kepada paman saya yg sudah lebih senior di bidang usaha ini.

Jawabannya sederhana, “kita untung yah dari kenaikan harga barang, bukan dari transaksi beli dan jual”. Hei… ini wisdom dari seorang elderly yang saya yakin belum tentu ia tau apa sih inflasi itu. Sebagai pedagang, katanya justru kita harus mengharapkan harga barang naik, karena jika yang terjadi sebaliknya, nilai aset kita (karena utamanya adalah inventory) akan turun.

Ternyata sangat sederhana, inflasi bukan untuk ditakuti jika tau cara mengatasinya. Di mana kebanyakan dari orang menyimpan kekayaan yang dikumpul melalui perjuangan berat dari keringat, tangis dan darah, ternyata masih menyimpannya dalam bentuk uang (tabungan atau deposito) yang terus tergerus, walaupun dalam mata uang negara lain. Simpanlah hasil kerja kerasmu di tempat/bentuk yang benar, inflasi bukan untuk ditakuti. Welcome inflation!

Sedikit cerita tentang paman saya, ia sama sekali tidak terjun dunia saham. Nasehatnya kepada saya adalah membeli tanah. Simpel karena harga tanah naik terus. Dan ia mengatakan selama ini harta ia lebih banyak dihasilkan melalui kenaikan harga tanah.

Walau saya tidak sependapat bahwa tanah adalah bentuk persahabatan “terbaik” dengan inflasi. Namun demi semangat sharing dengan kejujuran, maka ya, nasehat paman saya adalah, tanah…

One thought on “Bersahabat dengan Inflasi

Leave a Reply

