Penambahan Modal Tanpa HMETD – PT. Malindo Feedmill Tbk

Pada 06 Mei 2013 (3 hari lalu), Emiten MAIN mengeluarkan pengumuman mengenai rencana penambahan modal tanpa HMETD. Pengumuman lengkapnya dapat dilihat disini. Cara penambahan modal yang dimaksud adalah dengan menerbitkan saham baru.

Pada kasus biasa (dan demi keadilan), hak membeli saham baru biasa dilemparkan pada pemegang saham lama, hak ini disebut HMETD = Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, disebut jg dgn right issue kalau bahasa kerennya. Jika pemegang lama tidak ingin menggunakan haknya, maka hak tersebut baru dilemparkan kepada pihak lain pembeli siaga. Namun kadang-kadang, pelaksanaan penambahan modal bisa dilakukan tanpa HMETD (private placement), contohnya pada kasus MAIN.

Tentu saja dalam hal ini masih sebatas rencana dan akan dibahas pada RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) nantinya yang mana hasilnya sudah bisa ditebak karena ada satu entitas (Dragon Amity Ltd) memiliki porsi saham mayoritas 59.10%. (Besar sekali kemungkinan bahwa saham baru nanti akan jatuh ke entitas yang masih berelasi dengan Dragon Amity Ltd tadi)

Yang menarik adalah peraturan utk melaksanakan private placement adalah harga pelaksanaan akan menggunakan harga rata-rata 25 hari terakhir. Jika saya adalah orang yg akan membeli saham baru tersebut, saya punya kepentingan untuk menekan harga saham MAIN selama 25 hari agar saya mendapatkan saham baru dengan harga serendah mungkin. benar?

ss

Pembahasan berikut ini hanya sebatas opini karena tidak dapat dibuktikan, take it or leave it. Dalam pembentukan harga tsb dibutuhkan guyuran bandar, karena secara fundamental emiten ini sangat baik. Dibanding peer nya juga masih memiliki ruang untuk jauh ke atas. Setelah misi 25 hari, sang bandar tidak punya kepentingan mengguyur lagi. tapi ia masih punya kepentingan dalam mem buyback saham guyurannya. Hari tersebut harga saham MAIN langsung naik 6%.

Saya sendiri baru mendapat berita private placement itu malam hari (setelah market tutup) dan keesokan harinya saya langsung antri bid semua sisa dana cash saya.

Sebenarnya masih ada kemungkinan sang bandar tidak membuyback sahamnya. Sebab akibat private placement ini ia akan mendapat saham baru 10% di harga rata-rata (@2844). Saya rasa tidak dibutuhkan sampai 10% saham untuk guyuran kemarin. Namun setelah mempertimbangkan motiv kenapa melakukan private placement, mengapa harga MAIN turun disaat fundamental baik, mengapa harga langsung naik setelah guyuran, dst… kemungkinan tsb kecil. Ia (Sang Bandar) melakukan private placement karena ingin menguasai saham MAIN sebanyak mungkin di harga semurah mungkin (yah saya juga mau, MAIN fundamental oke banget…). Jika dia telat membuyback maka harus membayar lebih mahal lagi di masa depan.

Oh ya, jangan khawatir perusahaan akan melakukan manuver private placement lagi. Berdasarkan peraturan bursa, private placement cuma boleh dilakukan sebesar 10% dalam 2 tahun. Jadi cukup melindungi investor minoritas.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s