Property di Indonesia, Bubble?

Ada byk sekali cerita tentang kenaikan harga property (tanah+bangunan) yg luar biasa di Indonesia hingga mulai muncul opini-opini tentang “property di Indonesia sudah memasuki masa bubble”.

Definisi bubble adalah perdagangan di harga yg jauh di atas harga wajarnya dalam skala yg luas”. Dari definisi ini mari kita lihat data di Indonesia.

RPPI

Dari data di atas, bisa saya simpulkan bahwa property di Indonesia malah masih jauh dari bubble. Kenaikan YoY sekitar 4% malah berada sedikit di bawah inflasi. Menjelang akhir 2012 harga mengalami kenaikan yg lebih cepat namun ada beberapa faktor di sini.

  • Dibanding dg data inflasi sebelumnya, justru harga property kalah dibanding inflasi. Bisa jadi kenaikan tsb adalah koreksi untuk mengejar ke harga wajar.
  • Isu (Upah Minimum Provinsi) UMP yg naik signifikan, membuat para pengusaha dan calon pengusaha kurang berminat thd sektor riil sehingga dana lebih yg seharusnya untuk ekspansi usaha dialihkan ke property.
  • Antisipasi inflasi yang lebih tinggi di tahun 2013 di mana UMP naik, TDL naik, dan mungkin BBM akan naik.
  • Sementara inflasi diperkirakan naik, suku bunga belum ada tanda-tanda kenaikan.

Cerita dari mulut ke mulut mungkin benar adanya, dalam lokasi tertentu bisa jadi ada property yg harganya naik berkali lipat. Jika saya perhatikan lebih banyak terjadi di primary market, dimana developer menjelang proses development satu area selesai, harga akan dinaikkan terus secara bertahap. Sementara dalam secondary market (penjualan rumah bekas) harga tidak naik mengalahkan inflasi signifikan, tidak banyak ruang spekulasi. Dalam skala global (seIndonesia) hal tsb tidak terjadi atau setidaknya belum masuk ke level berbahaya.

One thought on “Property di Indonesia, Bubble?

  1. jika demikian apa ada titik jenuh harga bisa jatuh merosot tajam? karena melihat harga properti yang saat ini naik diatas rata2x dari tahun lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s