Investment Progress 03.2013

Maaf, laporan investasi kali ini agak terlambat rilis, sementara pencatatan kinerja sebenarnya dicatat tiap hari, maka post kali ini langsung melapor result tanggal 08 April 2013. Kebetulan belum ada transaksi di bulan April ini.

progress

 

Kinerja sampai bulan Maret berakhir sebenarnya cukup memuaskan. Sampai Maret portofolio penulis sudah tumbuh 22% YTD (namun di awal April mengalami penurunan kembali).

Berikut beberapa review singkat beberapa emiten yg menjadi perhatian penulis:

  • ADES sudah dijual dan bersih dari portofolio. Seperti pada ulasan lalu, target awal penulis cuma 2900 (buy di 2000). Namun karena kondisi index bullish (offset inflasi yg tinggi), penulis mempertahankan posisi hingga 4075. Setelah itu clear posisi.
  • Saham pengganti yang masuk adalah HEXA (beli di rata-rata 6050). Di portofolio ada juga saham sejenis yaitu UNTR. Berdasarkan laporan hingga akhir 2012 kinerja HEXA masih cukup baik. Dengan memperhitungkan menurunnya harga komoditas perkebunan ke depan, penurunan harga saham saat ini cukup memberi room for errors (HEXA lebih focus ke foresty, sementara UNTR lebih focus ke mining).
  • CPIN dan ICBP, walau di portofolio sudah mengalami kenaikan luar biasa, namun masih di hold karena belum menemukan pengganti yang tepat. Utk CPIN juga tidak ada pengurangan posisi (walau sudah jadi agak berat di porsi portofolio) karena pertimbangan masih merupakan market leader dan juga melihat ekspansi usaha peternakan unggas yang dilakukan di 2012. Demikian jg dg porsi ICBP jg tidak dikurangi karena memang karena masih proporsional.
  • AISA out dari watch list. Kenaikan harga saham tidak dibarengi kinerja perusahaan. ROE tetap dikisaran 10%++. Sisi baiknya Lap Keu audited 2012 keluar cukup cepat (tidak telat).
  • CEKA, EMPT dan EKAD masuk daftar pertimbangan. Actually utk EMPT agak sedikit mengecewakan, karena ketika masuk watchlist, lagi timbang2, harga terbang, jadi tidak ada room for error lagi…

composition

Komposisi terakhir MFIN mulai naik jadi 10% akibat kenaikan harga sahamnya. Nice~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s