PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

assa

Merupakan perusahaan yg baru saja IPO akhir tahun lalu (Nov 2012). Belum ada (Laporan Keuangan) LK yg keluar setelah listing. Jadi sebenarnya tidak banyak yg bisa dibahas dari bisnis ASSA ini karena LK yg dapat dikonsumsi publik hanya yang sebelum IPO.

Pada IPO kemarin jumlah saham yg ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. 40.03% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Jadi seharusnya sahamnya cukup liquid dan volatile. Mungkin karena gerakan harga sahamnya yg liar menjadi menarik bagi pelaku pasar tertentu yah…. Di waktu yg berdekatan ada juga perusahaan bergerak di sektor transportasi yg listing, yaitu TAXI.

Dari sisi fundamentalnya, sektor transportasi (tepatnya rental kendaraan) merupakan kebutuhan yg penting di peradaban manusia saat ini. Jadi sektor usaha ini masih memiliki prospek yang cerah. Diteliti dari segi LK nya, ASSA ternyata memiliki hutang yg cukup besar (hal yang sama utk TAXI). Sementara harga assetnya (mobil) turun terus akibat depresiasi, pendapatan akibat operasional juga harus dipakai untuk membayar beban bunga.

Laba bersihnya berdasarkan LK sebelum IPO, tahun 2007 dan 2009 mengalami kerugian. sementara 2008 hanya untung tipis. 2010, 2011 dan 2012 barulah perusahaan kurang lebih membukukan laba di atas 9 Milyar.

Angka detil rencana penggunaan dana IPO adalah 58% membeli kurang lebih 1700 unit armada. Jadi kurang lebih armadanya akan bertambah dari 10200 menjadi 12000 unit. 32% utk mengurangi hutang, dimana DER (Debt to Equity Ratio) waktu itu adalah antara 6 hingga 7x (sangat tinggi) dan pihak manajemen mengakui bahwa biaya bunga bisa mencapai 20-24% dari struktur biaya perusahaan. Jika dilihat detilnya, OPM (Operating Profit Margin) sekitar 24%, jadi setelah dipotong beban financing, sisa tinggal 3-5%. Sangat kecil sekali…

Rasio lainnya yaitu: ROA adalah 1.05% dan ROE berkisar 8.11%. Menurut pendapat penulis sangat tidak layak untuk dijadikan kendaraan investasi. Lets assume ASSA berhasil mencetak laba bersih 15 Milyar di 2013 ini, Dengan jumlah saham 3.4 Milyar, berarti EPS hanya 4.4 rupiah. Berarti PER saat ini sudah mendekati 100. bahkan jika laba bersih jadi 30 Milyar, PER nya juga di kisaran 50x. Akhir kata, sebaiknya jauhi dulu saham ini dan tunggu sefantastis apa nanti LK nya keluar. Hati-hati utk LK 2012, karena jumlah sahamnya masih menggunakan rata-rata tertimbang.

One thought on “PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s