Investment Progress 02.2013

Selama bulan Feb, transaksi jual yg saya lakukan yaitu:

  1. BBRI, jual sebagian @8100
  2. AISA, jual semua @1150
  3. ASII, jual semua @7850

saya menukar BBRI sebagian dengan MFIN. Menurut saya sih kedua2nya masih bagus, cuma diversifikasi saja walau sektornya pun hampir-hampir sama. Saat ini BBRI masih menjadi yg #2 paling banyak di portofolio disusul oleh #3 MFIN yang sahamnya tidak liquid. BBRI berdasarkan historikal P/E akan mondar mandir di P/E 3-4x jadi kenaikan harga saham harus didorong oleh EPS yg naik (hal yg sama berlaku utk BMRI, namun pertumbuhan BBRI lebih baik menurut saya). Sementara MFIN sudah menawarkan dividen yield yg tinggi shg saya sangat sulit menolaknya😛 P/E rendah, ROE cukup tinggi, dividend tinggi, sudah konsisten profit pula….

AISA saya keluar full karena memang sudah capai target. P/E nya sudah terlalu tinggi, sementara ROE nya tetap saja rendah. Jadi target awal tidak digeser. Pihak managemen AISA juga saya nilai terlalu ambisius berekspansi, namun belum ada kemajuan profitabilitas yang termaterialisasi di laporan keuangannya.

ASII saya cut (tidak loss, tapi untungnya jg tidak kerasa). Tidak ada alasan khusus, terlebih dulu beli juga alasannya tidak cukup kuat. Cuma menangkap harga yang sedang turun…

Porsi di sektor consumer & finance masih tetap yg utama di portofolio. Utk consumer masih terbesar CPIN, tidak ada rencana jual sama sekali walau target price sudah tercapai karena tidak ketemu saham konsumer lain yang bisa menggantikannya. Ada diversifikasi sedikit di ICBP, itupun sudah sentuh target dan lagi-lagi tidak dijual karena belum menemukan pengganti. Jadi setia saja dg 2 ini dulu…

Selengkapnya komposisi portofolio adalah sbb:

composition

NB: saya tidak bisa menulis detil transaksi beli karena merupakan proses yang panjang. Berbeda dgn proses jual yg akan saya lakukan sekaligus (mungkin tanpa antri, atau antri 1-2 tick saja), proses beli selalu beli selot demi selot setiap hari.

2 thoughts on “Investment Progress 02.2013

  1. Pak,

    kenalin nama saya Shendy pak🙂
    kita satu posisi pak in GEMA and MFIN.. menarik melihat portofolio bapak. i think maybe you’re not just a value investor.. but also considering growth company in your portofolio.
    SUCESS terus pak.
    ceksaham.com website yang bagus.

    kebeneran banget saya mampir liat ini blog via blog parahita haha..
    Bila boleh dan bapak ga keberatan mungkin kita bisa kenalan via bb dan saya undang bapak untuk masuk ke grup blackberry saham independen saya pak (no selling just share info)
    this is my PIN number ******* (sensor yah biar ga disalahgunakan oleh orang lain)

    We’ll get in touch.

    Thank you

    Shendy Lukito
    an investor just like you

    and kalo boleh kita berkenalan

    • thanks atas tawarannya, saya sudah ga pakai Blackberry.
      instead, saya pakai LINE (http://line.naver.jp) yg ada iklan di TV itu loh🙂
      lebih multiplatform, bisa diakses dari android, iphone, blackberry, windows, osx, dll…
      juga limit anggota dalam group bisa melebihi 30 (ga tau BBM sudah bisa apa engga).
      saat ini group sudah 50 orang lebih.

Leave a Reply

