PT Sierad Produce Tbk (SIPD)

DOC

PT Sierad Produce Tbk (SIPD) adalah perusahaan terintegrasi secara vertical dari produksi ayam DOC, pakan, peternakan, rumah potong, daging olahan hingga gerai ritel yang langsung menyentuh konsumen. Dari model bisnisnya yang vertical, uniknya SIPD justru merupakan perusahaan yg kurang begitu mengutungkan.

Jika didiskon dengan inflasi, maka sejatinya investor SIPD sudah bertahun-tahun merana kerugian karena nilai investasi mereka menyusut. Dengan ROE yang hanya berkisar 1~2% otomatis sudah jauh dibawah inflasi Indonesia yg bertengger di level 4~5% (bahkan Feb 2013 sudah 5.3%).

Untuk melihat apa yang salah di perusahaan ini, mau tidak mau saya harus membandingkan dengan perusahaan lain yg listing, yaitu CPIN, JPFA, MAIN. Tujuannya bukan untuk menjelek2kan SIPD, tetapi melihat point2 mana yg perlu diperbaiki… atau apakah masih ada harapan utk di perbaiki. Data pembanding dalam studi ini adalah data tahunan 2011 (karena data 2012 belum dirilis)

Diurutkan dari besaran aset yg dikelola perusahaan, maka yg paling besar adalah CPIN (8,8T) disusul JPFA (8,2T) *setelah hasil merger dg MBAI yg sekarang sudah delisting*. SIPD menduduki peringkat ke3 (2,6T) dan terakhir MAIN (1,3T). Angka penjualan keempat perusahaan ini juga terurut sama dengan besaran assetnya, yaitu CPIN, JPFA, SIPD, MAIN.

Berikutnya mari kita bedah operasional perusahaan, terutama SIPD. Dengan aset 2,6T ini berapa penjualan yg bisa dihasilkan, berapa keuntungan yg bisa dihasilkan, berapa biaya operasional yg dibutuhkan untuk menciptakan penjualan tsb. Setelah menjalani proses bedah seharian, kira2 fakta berikut yang saya temukan :

  1. Asset Turn Over paling buruk. Jadi dengan aset sedemikian besar, perusahaan ternyata menghasilkan angka penjualan yg rendah (1.72x — ketiga perusahaan lain memiliki nilai di atas 2.00x). Usaha untuk memperbaiki ini adalah dengan membedah aset mana yang tidak produktif dan dijual untuk ditukar dengan aset yang produktif daripada dibiarkan berlarut-larut tidak produktif dan hanya menjadi beban depresiasi.
  2. COGS yang terlalu tinggi, akibatnya Gross Margin sudah tergerus sedemikian kecil. Gross Marginnya lagi2 yang terburuk sehingga agak aneh saja jika perusahaan lebih kecil dari SIPD seperti MAIN malah bisa mendapatkan bahan baku lebih rendah daripada SIPD. Sebuah tanda tanya besar. Terlebih bahan baku industri ini adalah komoditas umum yang harganya sudah tertera di future market.
  3. Beban bunga yang tinggi. Sudah dengan profit margin yang rendah perusahaan masih sibuk berekspansi dengan membuka kredit sana sini, bukan dengan modal sendiri. Otomatis laba bersih semakin tergerus dan menjadi sedemikian kecilnya bahkan hampir tidak ada.

Dengan kondisi ayam sebagai sumber protein hewani “termurah”, seharusnya bisnis perusahaan memiliki prospek yang cerah. Ditambah lagi perusahaan memiliki moat berupa penguasaan bisnis terintegrasi penuh secara vertical dari hulu hingga hilir. Sangat berkemungkinan perusahaan tiba-tiba mengalami turn around dan menghasilkan kemajuan spektakuler. Sayang sejauh pengamatan saya, belum ada tanda-tanda arah ke sana. Manajemen perusahaan masih memilih untuk berekspansi (walau dengan hutang) daripada memperbaiki model bisnisnya agar lebih profitable. Bagi investor ritel seperti saya, langkah ini salah. Seharusnya bisnis belum profitable jangan diekspansi, yang ada malah not-profitable yg lebih besar.

Mengenai biaya operasional untuk administrasi, didapat dari SG&A to Sales ratio, SIPD mencatat angka 7,14% hanya sedikit lebih mahal dibanding rata-rata industrinya tapi tidak signifikan. Jadi manajemen bawah perusahaan menurut saya sudah cukup benar, hanya nahkodanya saja yg perlu dibenahi. Paling vital adalah COGS yang tinggi, supply bahan bakunya. Sementara jika aset tidak produktif dijual seharusnya bisa mengurangi hutang dan menurunkan beban bunga. (Wah enaknya saya ngomong… padahal saya ga pernah menjadi nahkoda perusahaan skala nasional ^^)

Bagi sekarang yang punya saham SIPD, saham SIPD masih ada harapan untuk diperbaiki. Pertama ikutlah RUPS nya, pertanyakan kinerja managemen di sana. Untuk menjual di harga sekarang sangat merugikan karena dihargai murah oleh market. Jika perlu, tukar managemennya, hubungi pemilik saham lain untuk bersatu.

2 thoughts on “PT Sierad Produce Tbk (SIPD)

  1. Betul , this company potential too positive growth but the management is error , have to be replace or refresh . The most stock holder to be took the action . . .

    • Kami pemegang saham minoritas mengharapkan agar BEI, Bapepam melakukan pengawasan lebih ketat atas kinerja management, Dekom Dan Auditor SIPD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s