PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)

Sebelumnya mohon maaf karena artikel ini agak terlambat terbit karena penulis sedang sibuk melakukan upgrade pada situs ceksaham.com (alasan…). Sebenarnya di portofolio penulis sendiri sudah terlihat jelas bahwa penulis sangat optimis terhadap CPIN. Jadi berhubung memang waktu sedang mepet, pembahasannya simple-simple saja, yaitu membahas kenapa penulis suka perseroan ini.

Proyeksi CPIN

Ini adalah proyeksi tahun lalu, 2011. yg mana ketika itu CPIN diperdagangkan di area 2700~3000. Proyeksi di atas hanya menghitung terminal value 10 tahun mendatang dari perseroan, yaitu 10868. Jika didiskonkan dengan tingkat bunga 10% per tahun compounding, maka Net Present Value (NPV) CPIN (for end of 2012) adalah 4190.

Dengan harga 2700 ~ 3000 punya jarak yg jauh sekali dengan 4190, tentu saja penulis membeli saham CPIN semampu mungkin pada saat itu. Tidak ada dividen dalam perhitungan ini, jadi dividen dianggap bonus saja buat belanja😛 kemudian bunga diskon 10%, seharusnya menggunakan Inflasi CPI (Consumer Price Index) yg max 6%, jadi bisa-bisa NPV CPIN jadi 6000-an.

Saat ini harga sudah di atas 4350, shg menurut penulis harga sahamnya sudah wajar. Secara growth, perusahaan ini cukup bagus sehingga jika pemain jangka panjang ingin mengkoleksi di harga saat ini dan mengharapkan return dari pertumbuhannya saja pun masih cukup baik. Namun jika ingin mengkombinasikan value + growth, sebaiknya menunggu ada diskon lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s