PT Resource Alam Indonesia Tbk (KKGI)

Mungkin inilah sektor yg paling banyak investor ritel nyangkut, komoditas batu bara. Post kali ini akan mencoba menjelaskan apa yg sedang terjadi, karena diasumsikan bisnis batu bara sudah merupakan sektor favorit bursa Indonesia (setidaknya tahun2 sebelumnya). Boleh dikatakan semua emiten yang bergerak di sektor pertambangan termasuk yang berelasi terhadap pertambangan seperti alat berat, harga sahamnya turun drastis di tahun 2012 lalu. Tahun sama dimana China sebagai konsumen sumber daya terbesar mengalami kontraksi ekonomi. KKGI harga sahamnya mencapai 8500, dan saat ini diperdagangkan sekitar 2600 per lembarnya.

220px-Coal_anthracite

Harga Kontrak Berjangka Batu Bara

coal price

Bisa dilihat bahwa harga batu bara terus mendaki di tahun sebelumnya hingga pada puncaknya adalah di awal 2011 dan kemudian turun terus hingga saat ini masih konsolidasi di level 90$/mt (chart di atas adalah future contract)

Ongkos Produksi

Menurut pengakuan pihak manajemen KKGI, ongkos produksi mereka adalah 27.1$/mt ditambah shipment 6$/mt dan royalti 13.5% dari harga penjualan.

Dengan harga pasar yg tinggi di tahun sebelum2nya (dari 2009) KKGI terus menggenjot produksinya hampir mencapai dua kali lipat dari tahun sebelum2nya. Tidak heran karena harga pasarnya memang sangat menggiurkan. Hingga pada tahun 2012 lalu bersama-sama dengan emiten batubara lain, semua mulai mengerem produksinya.

Menurut pihak manajemen, harga batu bara sekarang boleh dikatakan sudah pada level terendah bagi produsen (penambang). Jika harga turun lagi, maka para penambang di India, China, dan mungkin juga Australia akan banyak yang gulung tikar dan menandakan dunia ternyata memang tidak membutuhkan batu bara sebanyak sekarang.

Harga Saham

Saat pelaku pasar begitu optimis, KKGI diperdagangkan hingga 8500 per lembar di Q1 2012, mencerminkan P/E hingga 21.57x. Padahal harga batu bara saat itu sudah mulai lengser… Mungkin masih banyak yg berharap harga batu bara bisa pulih kembali.

Q2 harga batu bara menyelam lebih drastis lagi sehingga menyadarkan para investor bahwa harapannya ternyata salah. Dan lagi2 di Q3 harga batu bara melanjutkan penurunannya terus sehingga ditutup hanya pada harga 2975, atau P/E 10.2x

Kebutuhan akan energi pada jangka panjangnya pasti akan terus meningkat, melihat harga sahamnya jatuh demikian parah, KKGI melakukan RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) utk menyetujui mem-buyback sahamnya sendiri. Singkat kata, harga saham ini salah.

Ya, KKGI sendiri punya tons of cash hasil menjual tons of coal… Sebelumnya, KKGI sendiri sudah membagikan 200 Milyar kepada investornya dalam bentuk dividen. Dg jumlah saham beredar 1 Milyar, maka dividen per lembar adalah 200 rupiah. Bahkan setelah pembagian cash dividend tersebut, KKGI masih punya 200 Milyar yang menganggur. Dana inilah yang akan digunakan untuk buyback.

Dgn asumsi sesuai proyeksi 2013, KKGI tidak melakukan expansi besar dan hanya menargetkan penjualan 4,7jt mt, maka valuasi paling pesimis versi penulis sebelum buy back adalah 3200.

Utk buyback, dana buyback adalah 200 Milyar, dg harga range antara 2000-3000, maka diestimasi jumlah saham yg berhasil di buyback setidaknya adalah 6.5% (harga rata2 3000). Maka harga wajar setelah buyback menjadi sekitar 3450. Dari info terakhir buyback baru dilakukan sebanyak 5% atau sekitar 10 Milyar. Melihat progress buyback yg belum banyak sementara harga mulai menanjak, ada kemungkinan buyback ini gagal dan harga sahamnya keburu naik duluan…

Disclaimer

Tulisan ini “mungkin” bias karena penulis memiliki saham KKGI. Seperti biasa, segala keputusan dan resiko investasi adalah milik masing2 investor🙂

2 thoughts on “PT Resource Alam Indonesia Tbk (KKGI)

  1. Salam kenal🙂
    Analisa yang menarik , fenomena yang terjadi sungguh merupakan blessing in disguise bagi investor yang mentutamakan nilai. Menurut kalkulasi amatir saya , dengan margin of safety maksimal , kisaran harga minimal ada pada kisaran 2900an , dan mengingat harga penutupan hari ini (22/02) pada 2850 , maka tdk ada alasan yang cukup untuk tidak mengambil kesempatan. Proyeksi kedepan , dengan meningkatnya kebutuhan di dalam negeri melalui campur tangan pemerintah , masa depan yang membaik saya pikir cukup terbuka. Harga di Q1 2012 lalu memang teramat tinggi , dan jauh dari value , namun kisaran harga 5000an saya pikir cukup visible ke depannya mengingat rasio cash dan hutang yang kecil, saham ini cukup layak untuk dikoleksi sambil berharap perbaikan harga jual komoditas tentunya🙂

    best regards,
    eltoru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s