PT Tri Banyan Tirta Tbk (ALTO)

alto

  • Produk: Air Minum
  • Berdiri 1997
  • IPO 10 Juli 2012

ALTO baru IPO di pertengahan 2012 lalu. Jadi untuk investasi jangka panjang sebenarnya belum layak. Karena belum banyak informasinya, maka pembahasan kali ini soal valuasi, yg mana sekilas kelihatannya menarik.

Pada IPO kemarin saham yg ditawarkan ke publik adalah 300 juta lembar dg harga penawaran 210 rupiah per saham. Di samping itu juga perseroan memberikan warrant dg ratio 2:1, jadi ada 150 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan 260 rupiah per lembar. Jika melihat laporan penggunaan dana IPO Desember, ternyata belum digunakan secara maximal. Pembayaran hutang kepada BCA baru direalisasikan separuh, sementara rencana penambahan armada baru terpakai 50 jutaan, padahal budget awalnya adalah 9 Milyar. Tampaknya perseroan sebenarnya IPO bukan untuk mencari dana, mungkin untuk penerapan Good Corporate Governance.

Laba bersih per saham 9M12 adalah 71.50 per lembar. Jika disetahunkan maka EPS setahun adalah 95.30 per lembar. Di harga saat ini 405 artinya diperdagangkan pada P/E 4.2x, murah… (kemungkinan ada kesalahan perhitungan, mohon baca hingga selesai) Namun jika dilihat ROE nya yg rendah, yaitu hanya 8% menurut penulis kurang layak utk diinvestasikan. Sebagai pembanding jika dilihat ADES punya ROE berkisar 45%. Mungkin kurang fair karena ADES punya 2 divisi, ADMK dan perawatan rambut. Jika dikembalikan ke tahun 2010 sebelum ADES masih fokus pada produk ADMK, ROE nya berkisar 30%.

Penulis melihat keadaan yg lebih parah pada data 2011 yg tercantum pada laporan keuangan 2012, yaitu EPS yg hanya 0,47 rupiah per lembar, atau 588 juta rupiah saja. Padahal ekuitasnya adalah 112 milyar. Pada laporan tidak diaudit tersebut ditulis EPS adalah 4,71 rupiah. Jika ditelusuri angka-angka sebelumnya, EPS yg benar adalah hanya 0,47 rupiah.

Kesimpulan

ALTO tidak begitu efisien. Dari dana hasil IPO, realisasinya hingga Desember ini dinilai terlalu lambat. Tampaknya perseroan masih membutuhkan waktu agar dapat memanfaatkan aset yang ada dengan lebih baik.

Valuasi

Bagaimanapun mau tidak mau, kita menggunakan perhitungan data di laporan keuangan kuartal ke-3 yg rawan kesalahan. Semoga saja data tersebut benar adanya… Namun utk EPS penulis akan memperhitungkan dg versi sendiri.

Laba = 11 Milyar (naik dari tahun lalu 500 juta?)
Jumlah saham = 1,55 Milyar
EPS 9M12 = 7,09 per lembar (di LK ditulis 71 rupiah)
disetahunkan EPS = 9.45 rupiah per lembar…

Harga saat ini 405 berarti diperdagangkan dg P/E 42.85x ouch…

Harga wajar 129 saja ~~~   (o_O)
Ada lonjakan laba berkisar 2000% dibanding tahun 2011, meski dg lonjakan tsb ROE yg dicapai baru 8% (karena kinerja 2011 benar2 jelek — tidak untung). Tampaknya harga pasar saat ini (405) menaruh harapan besar bahwa ALTO dapat memperbaiki kinerjanya di masa mendatang.

mendingan ADES ya… ^_^

One thought on “PT Tri Banyan Tirta Tbk (ALTO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s