Menyikapi Perusahaan yang Belum Membagi Dividen

shutterstock_77006587_0Dividen merupakan salah satu tujuan investor berinvestasi. Namun sering kali, walau perusahaan memperoleh laba, laba tersebut tidak dikembalikan ke investor. Atau porsi yang dikembalikan ke investor terlalu kecil.

Bagaimanapun, laba adalah hak investor, jadi sebagai investor sebetulnya kita tidak perlu cemas. Jika laba yang diperoleh tidak dikembalikan pada investor, laba tersebut akan meningkatkan nilai buku perusahaan (atau lebih dikenal dg istilah Book Value).

Mungkin kecemasan berikutnya adalah harga sahamnya tidak mengikuti Book Value. Nah berapa banyak perusahaan yang menguntungkan diperdagangkan dibawah Book Value nya? Perusahaan yang untungnya mengalahkan inflasi, kebanyakan* diperdagangkan berkali-lipat di atas Book Value nya. Misal saja diperdagangkan 3x Book Value nya. Maka setiap 1 rupiah laba yg ditahan oleh perusahaan, anda dapat menjualnya menjadi 3 rupiah di market. Jauh lebih baik daripada mendapat dividen dimana setiap 1 rupiah, Anda akan mendapat 0.9 rupiah karena masih perlu membayar pajak 10%.

*Selalu ada pengecualian
Sebut saja saham group Panin (bukan saran investasi!):

  • AMAG diperdagangkan 0.9 Book Value nya.
  • PNIN, 0.2
  • PNLF, 0.5
  • CFIN, 0.7
  • PNBN, 0.7

Bagaimana menyikapinya? Tunggu… Jika Anda sabar, tunggu hingga pelaku pasar lainnya akan mendorong harganya ke harga wajar. Pemilik mayoritas dapat menekan harga pasar hanya dalam batas tertentu. Jika saja ia ngotot ingin membuat sahamnya super undervalue, ia harus membuang saham yang dimilikinya dalam jumlah besar. Dan disaat sahamnya < 50%, perusahaan itu sudah menjadi sasaran empuk take over oleh pihak lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s