Menyambut 2013

growLebih kurang outlook 2013 ini diwarnai dg sektor infrastruktur,dipicu demand dari MP3EI.

Kemudian diwarnai dengan bayang-bayang kelam dari krisis Eropa, China, naiknya TDL, naiknya UMP, kemungkinan naiknya suku bunga, naiknya BBM, dll. Meski lebih banyak sentimen negatifnya, banyak ramalan juga yg mengatakan IHSG akan menuju ke 5000.

Saya pribadi tidak memilih sektor infrastuktur. Sektor ini akan booming karena mendapat banyak project yg mana jika tidak dilakukan Indonesia akan mengalami total grid lock. Namun tidak ada emiten infrastuktur yg menarik perhatian saya (dan saya tidak yakin bakal ada sale diskon jika banyak orang sudah menyoroti sektor ini).

Sebaliknya justru saya mulai mengkoleksi beberapa saham komoditas (sejak akhir 2012) yg meskipun sesuai sentimen negatifnya harganya masih cenderung turun, menurut beberapa saya sudah undervalue. Saya tetap tidak tahu bottomnya akan di mana, dan tidak mencoba untuk memprediksi karena menurut saya itu tindakan yg sia-sia. Dengan timeframe long term saya, saya yakin batu bara akan tetap menjadi sumber energi yg paling “logis” demikian juga CPO akan tetap menjadi cooking oil termurah. Sementara penggunaan CPO sbg bio solar memang tidak relevan, atau setidaknya belum relevan.

Terlepas dari pembagian sektoral, saya lebih menganalisa saham per saham secara tunggal & terpisah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s