PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ)

product

  • Produk : terutama susu yg diproses secara UHT
  • Pangsa pasar hampir keseluruhan adalah domestik (Indonesia)
  • Market Leader utk produk susu UHT

Sekilas Tentang UHT

Ultra High Temperature (UHT) adalah salah satu teknik pengawetan minuman dengan cara memanaskan pada temperatur 135C dalam waktu 1-2 detik. Produk utama UHT adalah susu, namun dapat juga digunakan pada minuman lain seperti buah-buahan. Biasanya susu UHT digabungkan dengan aseptic packaging dapat bertahan hingga 6 ~ 9 minggu, dan tidak perlu di simpan di pendingin.

Sebagai pembanding teknik, High Temperature Short Time (HTST) yaitu dengan memanaskan pada 72C setidaknya 15 detik, hanya dapat bertahan hingga 2 ~ 3 minggu dan membutuhkan pendingin termasuk pada proses distribusi dan display. Susu UHT memiliki rasa yang dikatakan “aneh” (seperti terbakar) dan kehilangan sebagian nutrisinya ketika dipanaskan pada ultra temperature, namun susu UHT lebih memiliki nilai ekonomis yg lebih tinggi, karena dapat bertahan lebih lama dan tidak membutuhkan pendingin.

extra note:
Berdasarkan tulisan di Annual Report 2011, perseroan melakukan produksi dengan UHT pada suhu 140C dalam waktu 3-4 detik.

Riwayat Singkat Perseroan

1960-an Bapak Achmad Prawirawidjaja (alm) merintis usaha di bidang susu murni yang pengelolaannya masih sangat sederhana.
1970-an Memperkenalkan pengelolaan scr UHT + kemasan karton aseptik
1975 Memproduksi susu dg merk “Ultra Milk”
1978 Memproduksi minuman sari buah UHT dg merk “Buavita”
1981 Memproduksi teh UHT dg merk “Teh Kotak”
1982 Dg license dari Kraft General Food Ltd, USA memproduksi dan memasarkan keju dg merk “Kraft”
03-Sep-1991 Listing di BEI
1994 Melakukan Right Issue 1:3 @2500,-
Mendirikan perusahaan patungan PT Kraft Ultrajaya Indonesia
perseroan ditunjuk menjadi exclusive distributor utk produk yg dihasilkan PT Kraft Ultrajaya Indonesia
Ekspansi usaha ke produk susu kental manis
1995 Membagikan bonus share 2:3 (jumlah saham bertambah)
Memproduksi susu bubuk
1999 Melakukan Right Issue 4:3 @1000,-
(tidak jelas untuk apa)
2001 Stock Split 1:5
2002 Tidak lagi memasarkan produk PT Kraft Ultrajaya Indonesia agar dapat berkonsentrasi pada pemasaran produk sendiri.
2004 Melakukan Right Issue 2:1 @260,-
2008 Menjual merk dagang “Go-Go” dan “Buavita” kepada PT Unilever Indonesia.

Perusahaan Asosiasi dan Entitas Anak

structure

Komposisi Pemilikan Saham Perseroan

owner

Prawirawidjaja adalah nama belakang keluarga pendiri. Sabana Prawirawidjaja adalah Presiden Direktur dan Samudera Prawirawidjaja adalah Direktur Perseroan.

Opini

Perseroan memiliki kesehatan keuangan yang sangat baik karena hutang yg dimiliki sangat kecil. Selain itu juga merupakan market leader di bidangnya susu UHT dengan menguasai pangsa pasar 55%. Tidak ada ancaman yang terlihat dari internal perseroan.

Ruang untuk tumbuh masih besar karena penetrasi pasar susu di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data 2011, konsumsi susu Indonesia adalah 10-11 liter per kapita, sementara Thailand, Singapore dan Malaysia lebih besar hingga 3x lipat.  Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 6% dan pendapatan perkapita yg terus naik, konsumsi susu dapat diharapkan untuk meningkat. Namun demikian, persaingan utk pasar susu terlihat juga semakin berat shg posisi perseroan sebagai market leader bisa saja tergusur.

Valuasi

Berdasarkan EPS kuartal 3 2012 yg sebesar 60, ULTJ mencatat kemajuan luar biasa di tahun 2012, namun kurang memuaskan di tahun sebelumnya.

Untuk EPS, karena pada kuartal 3 ULTJ membukukan EPS 60. Maka jika disetahunkan menjadi 80. Sementara untuk ROE, terakhir ini membukukan ROE 15%. Jika ditelusuri kebelakang ROE ULTJ sering di bawah 10% yg mana menurut penulis kurang layak untuk investasi. Utk valuasi dipatok pertumbuhan hanya 10% saja. Maka berdasarkan formula valuasi penulis, didapat fair value 1200.

Dg harga pasar saat ini 1560 menurut penulis sudah overvalue. Namun kinerja ULTJ belakangan ini (2012) memang terlihat membaik shg jika 2013 ini juga kinerjanya semakin membaik, maka perhitungan di atas harus diadjust. Sebaliknya jika ternyata ULTJ tidak dapat mempertahankan lonjakan EPS nya, maka perhitungan di atas pun harus diturunkan. Dengan banyaknya pilihan saham lain termasuk di sektor Food & Beverages, menurut penulis masih banyak pilihan yang lebih baik.

About these ads

One thought on “PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ)

  1. Pingback: Pilih pro rakyat kecil, atau hidup hemat? | Selembar kertas digital...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s